7 Jenis Radikal Bebas Pemicu Timbulnya Penyakit Kronis Pada Manusia

Akibat Radikal Bebas

7 Jenis Radikal Bebas Pemicu Timbulnya Penyakit Kronis Pada Manusia – Radikal bebas sangat berkontribusi terhadap timbulnya penyakit kronis dalam tubuh seperti kanker, stroke, diabetes, penyakit jantung, dll. Radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh tidak dapat dihindari karena berada dimana-mana, bisa di luar maupun di dalam tubuh.

Radikal bebas merupakan molekul tidak berpasangan yang mencari molekul sehat dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan pada molekul sekitarnya. Radikal bebas dalam tubuh berasal dari 2 sumber yaitu endogen (dalam tubuh) dan eksogen (luar tubuh). Contoh radikal bebas dari luar tubuh seperti asap rokok, pestisida, sinar UV, polusi udara, dll. Radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh misalnya autoksidasi dan oksidasi enzimatik.

7 jenis Radikal Bebas :

Asap Rokok : Oksidan dalam rokok berpengaruh terhadap kerusakan saluran pernapasan. Setiap hisapan rokok memiliki jumlah oksidan yang sangat besar seperti peroxida, epoxida, aldehida dan radikal bebas lain yang menyebabkan kerusakan alveoli paru. Zat lain dalam rokok yang menyebabkan radikal dalam tubuh antara lain nitrit oksida, radikal peroksil dan radikal yang mengandung karbon dalam fase gas.

Pestisida : Pestisida bersifat polutan karena merupakan bahan kimia beracun yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan. Pestisida juga merupakan sumber radikal bebas yang menyebabkan kerusakan tubuh yang dapat memicu kerusakan sel, penuaan dini dan munculnya penyakit degeneratif akibat mutasi gen dan gangguan syaraf pusat.

Sumber Radikal Bebas

Sinar UV : Sinar UV pada pagi hari baik untuk kesehatan namun jika sudah siang hari akan berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kanker kulit jika terkena paparan sinar matahari langsung.

Polusi Udara : Sumber radikal bebas lain adalah polusi kendaraan bermotor, industri, asap rokok, pendingin ruangan, makanan tidak sehat dan mesin foto copy. Sumber radikal lain yang berasal dari dalam tubuh seperti respirasi dan proses metabolisme yang buruk juga dapat meningkatkan radikal bebas.

Radiasi : Radioterapi juga memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Obat-obatan : Ada beberapa macam jenis obat yang dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk tekanan oksigen. Bahan yang terkandung dalam obat tersebut akan bereaksi dengan hiperoksia sehingga mempercepat kerusakan dalam tubuh.

Olahraga Berlebihan : Olahraga memang baik untuk tubuh namun jika berlebihan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak dan hal ini meningkatkan timbulnya radikal bebas dalam tubuh.

Dampak Radikal Bebas Pada Tubuh

Radikal bebas dapat memicu penyakit kronis seperti stroke, diabetes, jantung, kanker, ginjal, dll. Radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan DNA dan merusak jaringan organ tubuh lainnya.

Pencegahan Radikal Bebas

Pola hidup sehat dapat mengurangi risiko yang berasal dari radikal bebas dalam tubuh. Hindari olahraga berlebihan, usahakan olahraga teratur tanpa berlebihan agar tubuh tidak membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak. Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu mencegah proses oksidasi. Terapi Air Hidrogen D Ox, D Ox water merupakan teknologi penghasil air hidrogen murni yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Air hidrogen murni D Ox Water berfungsi sebagai Antioksidan yang sangat efisien dalam mencegah maupun mengobati berbagai penyakit akibat radikal bebas. Fungsi lain dari air hidrogen D Ox adalah dapat menetralisir racun dalam tubuh, mendetoksifikasi dan sebagai sumber energi yang dibutuhukan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

website D Ox : www.d-oxwater.com

WA : 0811942527

 

Leave a comment